Thursday, April 25, 2013

Contoh Kerangka Pidato

Sebetulnya membuat pidato bahasa inggris tidak sesulit yang kita bayangkan, hal ini tidak jauh berbeda dengan membuat pidato dalam bahasa Indonesia. Jika kita bisa membuat pidato bahasa indonesia, membuat pidato bahasa inggris akan menjadi lebih mudah.

Sebelum membuat pidato, baik itu pidato bahasa inggris maupun bahasa indonesia tentu ada hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Yang perlu kita persiapkan dan diketahui adalah :
  • Siapa yang akan mendengarkan pidato tersebut
  • Berapa lama waktu ataupun durasi dari pidato yang akan kita bawakan tersebut
  • Pandai memilih kata yang tepat dan mudah dimengerti oleh orang banyak
  • Dalam rangka apa pidato tersebut kita bawakan, hal ini menyangkut tema dari pidato tersebut.
  • Menyiapkan bahan – bahan pidato, jika pidato bahasa inggris, carilah bahan – bahannya dari buku – buku atau majalah berbahasa inggris atau kita juga bisa mencarinya lewat internet. Namun jika kita kurang mengerti bahasa inggris sebaiknya carilah bahan – bahan pidato tersebut dalam bahasa indonesia.
Selanjutnya buatlah kerangka dari pidato tersebut yang meliputi :
  1. Pembukaan, termasuk salam pembuka
  2. Pendahuluan yang berisi garis – garis besar dari pidato
  3. Isi dari pidato secara detail
  4. Penutup termasuk kesimpulan, saran, bujukan serta salam penutup

Setelah membuat kerangka, kemudian uraikan kerangka tersebut dengan menggunakan bahan–bahan yang telah kita kumpulkan tadi yang bersumber dari berbagai media seperti buku, majalah ataupun internet.

Tujuan utama kita adalah membuat pidato bahasa inggris namun buatlah pidato tersebut dalam bahasa indonesia terlebih dahulu, kemudian baru diterjemahkan kedalam bahasa inggris.

Jika kesulitan untuk menterjemahkannya kedalam bahasa inggris, kita bisa menggunakan kamus bahasa inggris. Untuk menterjemahkan dari bahasa indonesia ke inggris gunakan kamus indonesia inggris, jangan menggunakan kamus inggris indonesia karena kita sendiri yang akan kesulitan. Atau untuk lebih mudahnya gunakan kamus online seperti google transalate. Kamus online ini bisa menterjemahkan semua isi dari pidato kita secara langsung. Jika hasil terjemahannya agak kurang sempurna menurut garammar, kita bisa memperbaikianya sedikit, atau kita bisa minta bantuan teman, kerabat dekat kita untuk membantu memperbaikinya.

Selamat Mencoba

Ditulis Oleh : blogger's // 9:00 AM
Kategori:

 
Powered by Blogger.