Saturday, December 1, 2012

Nasi Dingin Jadi Lezat Pada Masa (581 - 671 M)


Makan nasi dingin rasanya kurang nikmat. Tapi, kalau harus memanaskannya berulang kali kali, repot juga. Maklumlah jaman dulu belum ada alat yang bisa membuat nasi hangat terus.

Kejadian ini terjadi ribuan tahun lalu di daerah Yanzhou, China. Kurang lebih sekitar tahun 581 - 671 M, pada zaman kekuasaan dinasti Siu. Konon orang - orang disana tidak terlalu suka menyantap nasi dingin. Rasanya kurang nikmat, begitu katanya. Pada zaman dulu belum ada alat yang bisa membuat nasi tetap hangat. Lalu harus diapakan nasi dingin itu? Dihangatkan ulang, merepotkan. Malah kadang sering jadi gosong, Enggak mungkin juga kalau harus dibuang?

Pikir - pikir, jadilah ide bagus! Orang - orang disana punya ide untuk mencoba mengolah nasi dingin itu. Entah siapa yang memulai , tapi hasilnya nasi dingin itu berhasil berubah wujud jadi hidangan lezat.
Gimana caranya? Orang - orang itu mencoba menumis nasi dingin dengan bawang. Lalu diberi kecap dan bumbu lainnya. Hasilnya? Ternyata rasanya enak. Lama kelamaan tumisan nasi itu diberi tambahan telur, kadang irisan daging atau ikan. Tentu saja rasanya makin lezat. Tumisan nasi ini lama - lama jadi menu favorit disana. Banyak orang china yang merantau, membuat nasi goreng ini menyebar ke berbagai tempat.

Ditulis Oleh : blogger's // 10:29 PM
Kategori:

 
Powered by Blogger.