Tuesday, November 20, 2012

Jalan Magelang - Yogyakarta Tertutup Lahar Dingin


Banjir lahar meluap ke jalan raya setelah hujan deras mengguyur wilayah Magelang, Jawa Tengah, selama kurang lebih 45 menit, Kamis (20/1/2011). Hujan turun merata di seluruh wilayah.

Banjir lahar dingin Gunung Merapi kembali menggenangi Jalan Raya Magelang-Yogyakarta. Jalan raya yang hampir selalu dipadati kendaraan itu kini telah ditutup sepanjang 700 meter.

"Tadi hujannya kan merata, sekarang lahar membanjiri seluruh kali yang ada mulai dari Kali Putih, Kali Pabelan, Kali Senowo, dan Kali Apu," kata anggota SAR Kabupaten Magelang, Yusuf, kepada wartawan.

Menurut Yusuf, banjir lahar paling parah terjadi di Kali Putih, sehingga meluap ke jalan raya khususnya KM 23 Jalan Raya Magelang - Yogyakarta. "Paling parah di Kali Putih, banjir lahar dingin dengan kecepatan 80 km/jam," katanya.

Kondisi ini membuat warga berbondong-bondong menyambangi bibir Kali Putih untuk menyaksikan banjir lahar dingin. Petugas SAR yang berjaga di sekitar lokasi meminta mereka untuk menjauhi lokasi banjir karena berbahaya.

Namun seruan SAR ini tidak diindahkan oleh warga. Mereka tetap saja menonton banjir dari jarak yang cukup dekat. Padahal, pohon kelapa yang berdiri di dekat sungai telah bergoyang-goyang sebagai tanda arus sungai sangat deras.

Ditulis Oleh : blogger's // 1:55 AM
Kategori:

 
Powered by Blogger.